MODUL SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN
Gambar 1
user:admin pass:admin123 |
Jika username dan password benar, maka akan muncul tampilan awal sistem informasi
perpustakaan (gambar 2).
Gambar 2
|
Terdapat empat menu dalam form
utama ini, yaitu Pencarian, Sirkulasi, Pengaturan, dan Close. Di
dalam menu Pencarian, terdapat Katalog untuk membuka form Pencarian Katalog Buku
(gambar 3).
Gambar 3
Dalam Form
Pencarian Buku ini (gambar 4), terdapat empat kategori pencarian yaitu Kode
Buku ( no. Referensi), Judul Buku, Pengarang dan Penerbit. Setelah memilih
salah satu kategori pencarian, masukkan kata kunci dan klik tombol “Cari
(Enter)”. Jika ingin mengembalikan tampilan grid ke bentuk semula, klik tombol
“Refresh”.
|
Gambar 4
|
Menu
Pengaturan (gambar 5) digunakan untuk mengatur data-data berkenaan dengan
sirkulasi perpustakaan. Menu Pengaturan ini terdiri dari pengaturan Anggota, Buku,
Admin serta beberapa menu tambahan.
Gambar 5
Menu
Buku merupakan menu yang digunakan untuk memanipulasi data buku. Sebelum
memasukkan data buku, terlebih dahulu dimasukkan data Penerbit dan Sumber Buku.
Data Penerbit dapat diatur dengan mengklik tombol “Penerbit” sehingga muncul
Form Pengaturan Penerbit. Sedangkan, Sumber Buku dapat diatur melalui
Pengaturan Sumber Buku dengan mengklik tombol “Sumber”.
Gambar 6
Manipulasi
data ini meliputi penambahan data, pengubahan data, dan penghapusan data. Untuk
penambahan data, klik tombol “Buku”, dan akan muncul form untuk memasukkan data
baru (gambar 6). Untuk mengubah dan menghapus data, dooble klik pada data yang
dimaksud.
|
Gambar 7
|
Gambar 8
|
Gambar
8 merupakan form untuk memasukkan data buku. Bila data selesai dimasukkan, klik
tombol “Save” (Ctrl+S).
Form Edit Buku merupakan form yang digunakan untuk mengubah data buku dan menghapus data buku yang diinginkan. Untuk mengubah atau menghapus data buku tersebut anda harus mengisi No. Refrensi terlebih dahulu. Setelah selesai diisi klik tombol “Enter” pada keyboard maka akan muncul secara otomatis data yang akan di uah. No. Referensi tidak dapat diubah, sedangkan data yang lain dapat diubah. Setelah perubahan selesai, klik tombol “Save” (Ctrl+S), untuk menghapus klik tombol “Delete” (Menu Delete).
Form Edit Buku merupakan form yang digunakan untuk mengubah data buku dan menghapus data buku yang diinginkan. Untuk mengubah atau menghapus data buku tersebut anda harus mengisi No. Refrensi terlebih dahulu. Setelah selesai diisi klik tombol “Enter” pada keyboard maka akan muncul secara otomatis data yang akan di uah. No. Referensi tidak dapat diubah, sedangkan data yang lain dapat diubah. Setelah perubahan selesai, klik tombol “Save” (Ctrl+S), untuk menghapus klik tombol “Delete” (Menu Delete).
Gambar 9
|
Di
dalam form Pengaturan Buku (gambar 10) terdapat fasilitas pencarian untuk
mencari data berkenaan dengan Judul, Pengarang, dan Penerbit. Pilih kategori
pencarian, masukkan kata kunci pencarian, dan klik tombol “Cari”.
Gambar 10
|
Gambar
11 menunjukkan form untuk memanipulasi data Barcode pada buku. Panjang karakter
setiap Barcode berjumlah 10 karakter dengan ketentuan 8 karakter pertama adalah
no. referensi buku dan 2 karakter terakhir adalah no. urut buku yang memiliki
no. referensi yang sama.
Masukkan
nomor barcode dan no. referensi yang berkenaan dengan barcode tersebut. Tekan tombol “Enter” pada keyboard setelah
no. referensi dimasukkan. Jika no. referensi terdapat dalam database, secara
otomatis, sistem akan menampilkan data yang terkait dengan buku yang dimaksud. Klik tombol “Save” (Ctrl+S) dan data barcode yang baru akan terlihat pada grid
sebelah kanan.
Untuk
mengubah dan menghapus barcode, cukup isi barcode dengan benar lalu tekan
tombol “Enter” pada keyboard akan muncul secara otomastis data yang akan di
ubah, juga akan aktif tombol “Edit” dan
“Delete” untuk menyimpan data yang sudah di ubah cukup klik tombol Ctrl+S pada
keyboard atau icon “Pensil” , untuk menghapus klik tombol “Delete”(File+Delete)
Gambar 11
|
Untuk
menambah penerbit cukup pilih menu file “New” (Ctrl+N) untuk mengubah atau
menghapus cukup pilih menu edit maka akan muncul no penerbit secara otomatis,
isi id penerbit kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboar, maka akan muncul
data yang akan di ubah. Pilih menu file “Save” (Ctrl+S) untuk menyimpan dan
sebaliknya untuk menghapus pilih menu file “Delete”
Gambar 12
|
Form
Penerbit ini (gambar 12) digunakan untuk mengatur data para penerbit. Karena
merupakan salah satu unsur penting dalam pendataan buku, maka setiap kali
terjadi penambahan, pengubahan, dan penghapusan data penerbit, akan berpengaruh
pada data buku.
Pada gambar 13, diperlihatkan form sumber buku. Form ini akan menampung sumber-sumber tersedianya buku. Data sumber buku juga berpengaruh dalam data buku-buku perpustakaan.
Pada gambar 13, diperlihatkan form sumber buku. Form ini akan menampung sumber-sumber tersedianya buku. Data sumber buku juga berpengaruh dalam data buku-buku perpustakaan.
Gambar 13
|
Sebelum
memasukkan data anggota perpustakaan, terlebih dahulu dimasukkan data kategori
anggota (gambar 14). Pengkategoriannya dilakukan oleh petugas perpustakaan
sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Di dalam form ini, terdapat masukan untuk
batas waktu pengembalian dan denda per hari yang dikenakan bila terlambat
mengembalikan.
Gambar 14
Gambar 15 menunjukkan
form Anggota yaitu form yang digunakan untuk menyimpan data para anggota
perpustakaan. Sebelum terjadi proses sirkulasi, data para anggota harus sudah
dimasukkan karena menjadi kunci atau syarat dimulainya sirkulasi peminjaman.
|
Gambar 15
Manipulasi
data, seperti menambah (perhatikan anak panah), mengubah (dooble click data
yang dimaksud), dan menghapus data anggota, dapat dilakukan seperti pada proses
form-form yang telah dibahas sebelumnya.
|
Mencetak Kartu
Setelah
selesai menginput data anggota perpustakaan seluruhnya anda harus mencetak
kartu anggota tersebut. Karena kartu tersebut sebagai bukti bahwa anggota
tersebut sudah didaftar. Untuk mecetak kartu anggota buka menu anggota “Cetak
kartu” maka akan muncul seperti dibawah ini
|
|
Tombol
Print
|
|
SIRKULASI
Terdapat
2 proses sirkulasi dalam perpustakaan yaitu peminjaman dan pengembalian buku.
Untuk memulai proses peminjaman, dapat diklik tombol “Masuk” pada kotak
Peminjaman pada form utama atau pada menu “Sirkulasi”.
Form yang muncul pertama kali adalah Form Input ID Anggota (gambar 15). Form ini meminta petugas perpustakaan memasukkan nomor induk siswa setiap kali ada siswa yang akan meminjam buku.
|
Gambar 16
|
Setelah
petugas perpustakaan memasukkan ID Anggota,
klik tombol “OK”. Jika ingin membatalkan, klik tombol “Batal”.
Gambar 17
|
Jika ID Anggota terdaftar,
maka akan muncul tampilan form Sirkulasi Peminjaman. Klik tombol “Tambah” untuk
memulai proses peminjaman buku, dan akan muncul form baru yang digunakan untuk
memasukkan barcode buku yang dipinjam. Demikian selanjutnya untuk buku lain
yang akan dipinjam. Klik tombol “Close” untuk keluar dari form Sirkulasi
Peminjaman atau akan memasukkan data peminjaman buku anggota yang lainnya.
Di form ini juga dapat mengembalikan buku yan dipinjam oleh ID tersebut, caranya dooble click buku yang akan di kembalikan, maka akan muncul otomatis tombol “kembali” untuk membatalkan pengembalian buku klik tombol “Refresh” maka pengembalian akan dibatalkan
Gambar 18
Untuk
sirkulasi pengembalian, klik tombol “OK” pada kotak pengembalian pada form
utama atau pada menu “Sirkulasi”. Petugas perpustakaan cukup memasukkan barcode
buku yang dikembalikan pada form Barcode (gambar 18) dan sistem akan
menampilkan data peminjam
|
Gambar 19
|
Gambar 20
|
Buku
yang akan dikembalikan cukup klik tombol “Kembali” sedangkan untuk
memperpanjang buku cukup klik tombol “Perpanjang”. Untul melihat jumlah denda
cukup melihat pojok sebelah kanan bawah (yang disorot anak panah)
PENGUNJUNG
PERPUSTAKAAN
Form Pengunjung ini (gambar 21) meminta kode anggota sebagai masukan. Proses pemasukan dapat dimasukkan langsung oleh pengunjung sendiri maupun melalui petugas perpustakaan.
Password tutup “3ttt”
Gambar 21
|
LAPORAN
Terdapat
4 jenis pelaporan yaitu laporan pengunjung, laporan sirkulasi, laporan denda, dan
grafik (menu grafik pengunjug). Laporan pengunjung (Gambar 21) menunjukkan
rekapitulasi jumlah pengunjung per bulan. Pilih bulan dan tahun yang
diinginkan. klik “Cetak” untuk melakukan pencetakan pada kertas
|
|
Tombol
Print
|
Gambar 21
|
Demikian juga untuk pelaporan
sirkulasi (gambar 22). Dalam laporan sirkulasi ini, diberikan data rekapitulasi
total peminjaman per buku dan data peminjaman buku per anggota. Sedangkan untuk
pelaporan denda (Gambar 23) hanya menampilkan data buku yang terkena denda
tidak terhitung nol (0).
|
Gambar 22
Untuk laporan
dalam bentuk grafik (Gambar 23), menampilkan
jumlah pengunjung perpustakaan per bulannya.
|
|
Gambar 23
|
Silahkan Download programnya Disini secara gratis
Download Setup odbc 3.51. 23 Disini
Download appserv-win32-2.5.10. Disini
Download mysql-gui-tools-5.0-r10-win32 Disini
Download Setup odbc 3.51. 23 Disini
Download appserv-win32-2.5.10. Disini
Download mysql-gui-tools-5.0-r10-win32 Disini